Blog List

Blog List

Thursday, November 20, 2014

Fakta Mengerikan Dibalik Serial TV Teletubbies


Teletubbies berasal dari kata Tele (jauh) dan Tubby (orang gemuk, jamak = tubbies). Teletubbies merupakan suatu program TV yang ditujukan untuk anak2 di bawah umur, dengan 4 karakter, entah manusia atau alien, gendut, warna-warni, berantena dengan TV. Ternyata ada makna tersembunyi dalam Teletubbies itu sendiri. Teletubbies ternyata menstigma anak-anak kecil mengenai pandangan orang-orang dewasa Barat mengenai kelompok minoritas, atau biasa diistilahkan The Others.

Tiap karakter Teletubbies punya antena dan barang favorit yang berbeda, dan inilah yang akan menjadi representasi kelompok The Others atau minoritas tersebut. Mari bahas perkarakter dan makna dibaliknya.

Tingky-Wingky:


Dari suaranya, Tingky-Wingky adalah PRIA. Dia karakter paling bongsor berwarna ungu, dengan antena berbentuk segitiga terbalik. Karakter ini merupakan representasi dari kelompok gay.

Liat antenanya: Segitiga terbalik! Jika maskulinisme memiliki simbol segitiga tegak/piramid, sebagai representasi phallus/penis, maka kelompok gay bersimbol segitiga terbalik.

Representasi homoseksual oleh Tingky-Wingky makin dipertegas dengan barang favoritnya: Rok Tutu dan Tas tangan kulit merah!

Petanda-petanda tersebut menandakan apa? Menandakan bahwa dalam pandangan orang2 dewasa Barat, kelompok gay adalah kelompok pria2 yang keperempuanan atau feminin.

Dipsy:


Dipsy adalah karakter pria kedua, dengan kulit coklat, bulu berwarna hijau, dengan antena tegak lurus dan barang favorit-nya adalah topi tinggi. Ia merupakan representasi dari pria Afro, atau mereka yang berkulit hitam.

Antena dan topi-nya menyimpan makna mengenai pandangan2 Barat mengenai orang Afro. Antena Dipsy yang tegak lurus menjadi representasi phallus/penis, dan topi Dipsy yang sering dilepas copot memiliki pesan dari common sense mengenai orang2 Afro: Bahwa penis mereka besar, mereka doyan seks, dan topi yang lepas-copot menjadi tanda bahwa orang2 Afro adalah eksibisionis, yang tidak malu menunjukkan kelamin mereka.

LaaLaa:

Karakter ketiga Teletubbies adalah LaaLaa. Ia merupakan karakter wanita berkulit putih dengan bulu warna kuning, dan dengan antena Lambda, serta barang favoritnya adalah bola oranye besar. Jika Tingky-Wingky adalah representasi gay, maka LaaLaa merupakan representasi kelompok lesbian.

Hal ini dilihat dari antena-nya yang berbentuk Lambda. Coba googling deh simbol2 Lesbian, kalian bakal nemuin lambda terpampang disana! Lalu bola-nya LaaLaa? Ini menjadi pesan pemaknaan umum Barat terhadap Lesbian: mereka adalah wanita2 maskulin, kekar, macho! Kenapa? Karena bola adalah ikonik untuk segala hal yang bersifat jantan! 
Po:


Ini dia karakter terakhir. Po adalah karakter paling kecil, dengan antena donat berbatang. Bulu warna merah, dan barang favoritnya adalah skuter. Po merupakan representasi untuk orang2 Asia. Coba dengerkan Po ngomong “scooter“… pronounce-nya yang dikeluarin adalah “skuta“! Ini adalah cara pengucapan orang2 Cina atau Jepang.

Dalam tradisi Asia, khususnya oriental, donat berbatang merupakan simbol dari Gerbang Keberuntungan. Barang kesayangan si Po ini, si skuter, terdapat pesan bahwa orang Asia adalah orang2 yang mobilisasi-nya cepet dan doyannya nyari untung. Orang Asia, dalam pandangan barat melalui Po ini, juga dicap sebagai orang yang keras kepala dan gak pernah mau pindah balik ke negara asal mereka. Darimana? Po merupakan karakter paling bandel dari seluruh Teletubbies! Beberapa episode menceritakan Po yang gak pernah nurut sama panggilan dari pipa yang bisa bersuara, “saatnya pulang”!

Inilah pandangan2 orang dewasa Barat mengenai kelompok The Others (gay, Afro, lesbian, dan Asia), yang disusupi ke mental anak2 mereka.

12 comments:

  1. Wkwkwkwk... Sejak awal ane emang takut sama mereka. Serem sih. :V

    ReplyDelete
  2. Emb sory ya jangan tersinggung. Gag semua gay itu feminim alias banci.. atau berdandan bak wanita.
    Intinya semua banci pasti gay. Dan gag semua gay itu banci. Sekian :)

    ReplyDelete
  3. hahaha ambil positifnya aja, kalo nyari kesalahan terus kapan mau nemu kebenaran

    ReplyDelete
  4. (+)suryadi taufan : Ko tau banget tentang gay, are you gay?

    ReplyDelete
  5. dari kecil entah kenapa gw selalu merasa aneh ma ni film

    ReplyDelete
  6. Baru tau w klo film nya kek gini..kalau tau dri kecil g bakal nomton ggua dah: 'v

    ReplyDelete